Sabtu, 30 Maret 2019

Tasyakuran Sumber Air Desa Dayurejo, Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan Persembahkan Pertura Pagelaran Wayang Kulit

Pertunjukan wayang kulit oleh Dinas Kominfo
DAYUREJO, Good News,- Untuk membantu Pemkab Pasuruan dalam melestarikan Kesenian dan Budaya, Dinas Komunikasi dan Informatika ( KOMINFO ) Kabupaten Pasuruan kembali menggelar Pertunjukan Rakyat (PERTURA) Jumat 29/03/2019. Pertura kali ini bertempat di Dusun Talunongko Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Pertunjukan rakyat ini menyuguhkan Pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Tanoyo dari Gempol Pasuruan dengan di hadiri oleh Kabid Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Tri Krisni Astuti, Kepala Desa Dayurejo Wahono SPW, Tokoh seniman Kunto Wibisono, segenap undangan dan tokoh masyarakat Desa Dayurejo.

Sambutan Kabid Komunikasi Publik
Dalam sambutannya, bu Krisni menyampaikan bahwa PERTURA ini salah satu program Kabupaten Pasuruan dalam visinya "Menuju Kabupaten Pasuruan yang Maslahat, Sejahtera dan Berdaya Saing".

"Untuk melanjutkan visi Kabupaten Pasuruan, Pertura ini adalah salah satu program yang diadakan, selain itu beberapa program yang sudah ada seperti Kenduren Mas, Wakmukidin, dan beberapa yang lainnya mari kita manfaatkan program-program Pemerintah ini dengan baik" ungkapnya bu Krisni.
Pelawak Cak Pendek CS.

Tari Remo

Pertura yang di gelar bertepatan dengan kegiatan tahun masyarakat Desa Dayurejo dalam acara tasyakuran sumber air membuat masyarakat antusias sekali menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk mengingat acara jarangnya kesenian tradisional yang tampil di wilayah mereka. "Saya senang sekali ini acara setahun sekali, karena ini juga tradisi biasanya masyarakat suwadaya untuk mendatangkan wayang, kali ini katanya diberikan oleh ibu Kominfo".
Penyerahan Gunungan kepada Ki Tanoyo

Sebelum pagelaran wayang dimulai, beberapa pengisi acara hiburan yang diberikan setelah sambutan-sambutan, dibuka dengan tari tradisional Jawa Timur Tari Remo, dilanjutkan dengan Jaipongan untuk warga penggemar tayub dan Pelawak oleh Cak Pendek CS. selanjutnya sebagai simbolis acara ini Kabid Komunikasi Publik didampingi oleh Kepala Desa Dayurejo bersama Ketua pelaksana kegiatan (Lasmai) menyerahkan Gunungan kepada dalang Ki Tanoyo.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Anda pengunjung ke

Kunjungi Pasar Kami

Facebook

Subscribe Us

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support