Selasa, 05 Februari 2019

Cegah Longsor Lereng Arjuna ditanami pohon

Untuk mengantisipasi terjadi bencana longsor dan kekeringan di musim kemarau, salah satu komunitas peduli lingkungan asal Surabaya bersama Yayasan Cempaka Education Center, Minggu 03/02/1/2019 melakukan penanaman pohon di lereng Gunung Arjuno Pasuruan.

Pasalnya, mereka khawatir dengan curah hujan tinggi akhir-akhir ini diwilayah Jawa Timur. Selain mengantisipasi tanah longsor, juga upaya untuk mengembalikan ekosistem linkungan serta memasksimalkan resapan air.

Sebanyak 40 orang pecinta lingkungan dari alumni Wahapala Surabaya, menanam pohon di lereng gunung arjuno tepatnya di Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Koordinator komunitas alumni wahapala, Handoko, mengatakan, penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk antispasi tanah longsor dan banjir lantaran di area Lereng Gunung Arjuno Gundul. "Pasalnya, pada awal tahun 2019 ini cuaca sangat ekstrim diwilayah Jawa Timur khususnya di Pasuruan," kata handoko.

Puluhan pecinta alam ini, harus berjalan menempuh jalan kaki untuk sampai ke lokasi. Sejumlah pohon yang ditanam seperti pohon pinang, dan kayu manis, ditanam se luas 4 hektare.

Menurut petugas Lembaga Masyarakat Desa Hutan LMDH, Arifin, penanaman pohon yang dilakukan komunitas sangat membantu masyarakat setempat. 

"Selain antisapasi longsor juga bisa meningkatkan debit air saat musim kemarau yang semakin mengecil," ujar Arifin.

Dengan semakin terjaganya kelestarian hutan, juga upaya untuk mengembalikan ekosistem linkungan serta memasksimalkan resapan air. (yos)(pojokpitu.com)
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Anda pengunjung ke

Kunjungi Pasar Kami

Facebook

Subscribe Us

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support